Sabtu, 09 September 2017

Cara Membuat Animasi Bergerak Sederhana Dengan CorelPHOTO PAINT

Cara Membuat Animasi Bergerak Sederhana Dengan CorelPHOTO PAINT - Salam kawan dimanapun kalian berada, kali ini saya akan membagikan tutorial Cara Membuat Animasi gif Menggunakan Corel Draw. cara membuat animasi bergerak menggunakan aplikasi dari Corel Corporation yakni CorelPHOTO PAINT.
Seperti kita ketahui aplikasi corel juga bisa kita gunakan untuk membuat animasi bergerak yang sederhana maupun yang sangat rumit sekalipun. Saya pernah mencari bagaimana cara membuat animasi yang bisa beegerak dengan menggunakan beberapa apilikasi seperti aplikasi Macromedia Flash, atau aplikasi pembuat animasi 3d bergerak yakni AutoDesk Maya, Blender dan sebagainya. Kawan aplikasi yang saya gunakan adalah aplikasi CorelPHOTO PAINT, tapi kalian juga harus membuat desain atau langsung mengambil dengan yang sudah ada di komputer kalian kawan. Membuat animasi bergerak ini caranya agak gampang-gampang susah dan butuh ketelitian yang sangat mendalam. Untuk kawan semua lakukan dengan semangat ya. Jangan lupa makan dulu dan selalu berbakti kepada kedua orang tua.

Sekarang saya akan membagikan bagaiman cara membuat animasi bergerak dengan cara yang sederhana menggunakan aplikasi CorelPHOTO PAINT. 

Pertama kalian buka aplikasi CorelDraw terlebih dahulu, lalu buat lingkaran menggunakan ellipse tool dan berilah warna merah. Tapi kalian bisa menggunakan warna yang lain :


Berilah efek warna gradasi menggunakan Interactif fill tool, Lalu Copy (ctrl + C ) objek lingkaran tersebut :


Buka aplikasi corelPhotoPaint ubah ukuran ke "cm", centang kotak create a movie, ubah number of frames menjadi 4, lalu klik OK :



Lalu paste ke aplikasi corel photo paint dengan cara pilih menu edit => paste => pilih paste as new selection, maka akan seperti di bawan ini :


klik luar frame dulu


Kembali ke coreldraw lagi, pada lingkaran klik lalu putar angel of rotation menjadi 90 derajat :


Copykan lagi lingkaran yang telah diputar angelnya. Lalu paste As New Selection ke aplikasi corel PHoto Paint,  jangan lupa klik lagi bagian luar frame pada CorelPhotoPaint :



Kembali ke coreldraw lagi, pada lingkaran klik lalu putar angel of rotation menjadi 180 derajat :


Copykan lagi lingkaran yang telah diputar angelnya. Lalu paste As New Selection ke aplikasi corel PHoto Paint,  jangan lupa klik lagi bagian luar frame pada CorelPhotoPaint :


Kembali ke coreldraw lagi, pada lingkaran klik lalu putar angel of rotation menjadi 270 derajat :



Copykan lagi lingkaran yang telah diputar angelnya. Lalu paste As New Selection ke aplikasi corel PHoto Paint,  jangan lupa klik lagi bagian luar frame pada CorelPhotoPaint :



 Pilih Menu File diatas lalu simpan hasil dari CorelPhotoPaint tadi :



Simpan dengan format GIF Animation lalu klik OK :


Jika ada pemberitahuan lanjutkan dengan mengklik OK :


Jika ada GIF animation option pilih taba frame setting => ubah frame delay sesuka kalian itu juga yang akan menentukan kecepatan menunda dari setiap gambar yang ada pada saat pergantian tempat untuk menciptakan efek animasi yang bisa bergerak => klik apply all => klik OK :


Lalu lihat hasil yang telah kalian simpan tadi dan jika berhasil maka hasilnya akan seperti ini :


Sekian saja tutorial dari saya tentang cara membuat animasi bergerak secara sederhana menggunakan aplikasi Corel PhotoPaint. Nantikan lagi pelajaran tentang seputar dunia komputer dan dunia desain bersama saya disini!
TERIMA KASIH

2 komentar

  1. Cara memperlambat putarannya gmna setingnya gan,,
    Saya udh coba gonta ganti frame delay dari mulai 5/20/50/100,,tapi sama sekali gaada perubahan,,terlalu cepat muterr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu aturnya bener ada di Frame Delay, silahkan agan coba lagi.

      Hapus

Luangkan waktu anda untuk berkomentar disini :